Marine Goes to School (MGS) 2012

Posted on Posted in Uncategorized

Kegiatan Marine Goes to School merupakan salah satu program kerja HIMITEKA dibawah kerja Divisi Hublukom. Kegiatan ini bertujuan utama memperkenalkan para pelajar terhadap kelautan Indonesia dengan memberikan gambaran umum mengenai laut Indonesia dan pendidikan lingkungan hidup tentang kelautan dengan tujuan akhir membentuk suatu komunitas pelajar pencita laut. Dengan kegiatan tersebut diharapkan para mahasiswa ITK memberi gambaran tentang laut secara umum agar para pelajar bisa menjaga kelestarian laut di sekitarnya. Sasaran kegiatan ini adalah para pelajar karena pendidikan dasar mengenai pentingnya menjaga laut dapat diajarkan sejak dini sehingga kedepannya kelestarian ekosistem laut tetap terjaga.
Kegiatan ini dilaksanakn mulai rentang waktu Mei-Juli dengan mengunjungi sekolah SMA, SMP dan SD. Marine Goes to school yang telah dilaksanakan di Bogor dan 5 daerah tempat PKL mahasiswa ITK yaitu di Rembang, Cilacap, Serang, Batang, dan Karimunjawa. Setidaknya terdapat 10 sekolah yang dikunjungi untuk melaksanakan kegiatna MGS ini. Wilayah bogor di SMA BBS dan SMA Kornita, wilayah Rembang di SD Sukoharjo dan SMON 1 Rembang, Wilayah Cilacp di SMA Al-Irsyad Cilacap, Wilayah Karimunjawa di SMPN 1 Karimunjawa dan SDN 1 Karimunjawa, Wilayah Serang di SMAN 4 Serang, dan wilayah Batang di SDN Batang. Pemilihan daerah di tempat PKL ini karena diharapkan kegiatan ini bisa menjadi motivasi para pelajar di pesisir Indonesia untuk semakin mencintai dan menjaga laut Indonesia.

Dari beberapa sekolah tersebut terlihat antusias dari para siswa/siwi yang sangat tinggi terhadap kelautan, apalagi kebanyakan dari mereka berad di wilayah pesisir. Banyak hal yang kita jelaskan mengenai pendidikan lingkungan hidup saat kegiat. Harapannya dapat merangsang pemikiran dan motivasi para pelajar untuk lebih mencintai laut sebagai lingkungannya. Selain meberikan wawasan tentang kelautan, dalam kegiatan ini setiap siswa/siswi diwajibkan menulisakn aspirasi dan pemikirannya mengenai kelautan. dari itu bisa diketahui bahwa seberapa besar pengetahuan serta motivasi mereka untuk laut Indonesia.
Walaupun banyak kendala masalah perizinan, namun kegiatan ini dapat dilaksanakan dengan baik. Harapannya setiap misi yang dibawa dalam kegiatan ini dapat tercapai sehingga dapat membentuk komunitas para pencinta laut seperti yang diaharapkan oleh Ketua HIMITEKA 2012. -AT

Share/Bookmark

Leave a Reply