Konservasi dan Survey Lapang Kelautan (KONSURV) II HIMITEKA

Posted on Posted in Uncategorized

KONSURV II merupakan suatu rangkaian kegiatan Konservasi dan Survei Lapang Kelautan yang  ke-2 dari Himpunan Mahasiswa Ilmu dan Teknologi Kelautan (HIMITEKA) IPB. Salah satu program kerja divisi Keilmuan HIMITEKA 2012 ini, telah terlaksana pada tanggal 6-7 Oktober 2012. KONSURV II bertujuan untuk menumbuhkan jiwa eksplorasi dan konservasi lingkungan laut Indonesia serta menjadi sarana bagi mahasiswa ilmu dan teknologi kelautan dalam mengimplementasikan ilmu yang dimiliki secara teori maupun praktik di lapangan.


KONSURV ke-2 dilaksanakan di tempat yang sama pada kegiatan KONSURV tahun sebelumnya yaitu di pesisir Parigi, Ciamis, Jawa Barat. Pemilihan lokasi kegiatan yang sama seperti tahun sebelumnya dilakukan karena mengingat lokasi tersebut masih butuh untuk dilakukan perawatan ekosistem pesisir dan juga masih butuhnya masyarakat pesisir setempat untuk mengetahui dan menjaga lingkungan pesisir di sekitar mereka. Selain itu, banyak anak-anak yang putus sekolah dan masih membutuhkan pendidikan terutama untuk baca dan tulis. Oleh karena itu kegiatan Konservasi dan Survei Lapang Kelautan ke-2 dilakukan kembali di kawasan pesisir Parigi.

Kegiatan ini melibatkan masyarakat nelayan Parigi yang meliputi Rukun Nelayan, UPTD, DKP Ciamis, serta warga Parigi. Kegiatan ini juga bekerja sama dengan tim Bina Desa BEM KM IPB. Sebelum hari H, telah diadakan kegiatan survey awal sebanyak 2 kali yang dimaksudkan untuk mengetahui kondisi umum Parigi dan mengurus perijinan untuk kegiatan ini.

Adapun kegiatan KONSURV II yang telah dilaksanakan pada tanggal 6-7 Oktober antara lain :

  1. Penanaman 1200 bibit pohon mangrove bersama masyarakat pesisir Parigi
  2. Pengambilan data kualitas perairan berupa data salinitas, suhu, pH, kecerahan, oksigen terlarut (DO), sedimen, dan sampel air.
  3. Pengajaran kepada anak-anak mengenai baca dan tulis
  4. Mensosialisasikan kepada masyarakat pesisir akan pentingnya pendidikan terhadap anak
  5. Mengadakan diskusi bersama masyarakat pesisir mengenai permasalahan yang ada terutama di bidang perikanan
  6. Mengadakan sosialisasi untuk meningkatkan kepedulian dan menjaga lingkungan pesisir seperti halnya merawat dan menjaga bibit pohon mangrove yang memiliki banyak manfaat bagi ekosistem perairan.
  7. Mengadakan acara hiburan bersama warga pada kegiatan malam KONSURV

Harapannya, dengan kegiatan konservasi mangrove serta survey lapang kelautan di daerah Parigi, dapat membantu upaya pemerintah dalam merehabilitasi mangrove dengan menerapkan kompetensi yang telah didapatkan selama kuliah. Dengan adanya kegiatan ini pula, diharapkan dapat menjadi penggerak untuk melakukan konservasi mangrove lebih lanjut, tidak hanya di daerah Parigi saja, namun di daerah lain dengan kondisi mangrove yang masih memprihatinkan. – Keilmuwan HIMITEKA-

Share/Bookmark

Leave a Reply