HIMITEKA IPB Lakukan Eksplorasi di Pulau Pramuka

Posted on Posted in Uncategorized
HIMITEKA (Himpunan Mahasiswa Ilmu dan Teknologi Kelautan) IPB melakukan pengamatan biota yang ada di Pulau Pramuka dan biorock Nusa Keramba
HIMITEKA (Himpunan Mahasiswa Ilmu dan Teknologi Kelautan) IPB melakukan pengamatan biota yang ada di Pulau Pramuka dan biorock Nusa Keramba

Minggu, 1 Februari 2015 tim scientific diving HIMITEKA melakukan penyelaman yang bertujuan untuk mengamati biota-biota yang ada di sekitar Pulau Pramuka. Meski cuaca agak mendung dan angin kencang, hal tersebut tidak sedikitpun menghalangi tim untuk melanjutkan pengamatan. Selain melakukan pengamatan biota, penyelaman juga ditujukan untuk melatih skill dalam bidang underwater photography dan videography.

Biota-biota yang dijumpai sangat beragam jenisnya. Seperti spesies ikan yang menawan, karang keras (Hard Coral), Nudibranch, bulu babi, dan penyu sisik. Tidak hanya itu, bahkan di biorock ditemukan spesies langka yang sering disebut kepala kambing (Cassis cornuta) yang patut kita jaga kelestariannya. Hasil dari pengamatan ini rencananya akan dibukukan untuk menarik wisatawan untuk datang ke Pulau Pramuka untuk melakukan diving ataupun snorkling.

“Perlu adanya pengamatan mengenai biota-biota laut di setiap perairan Indonesia, supaya keindahan perairan Indonesia semakin terekpos,” ujar Taufik, salah satu anggota tim. “Hal yang paling penting, yang mengamati harus orang Indonesia sendiri, karena sangat mengherankan ketika orang asing yang mengamati dan memperkenalkan rumah sendiri kepada pribumi,” tambahnya.

Maka dari itu, harus ada hubungan yang sinergis antara pemerintah dan instansi pendidikan, khususnya mahasiswa, untuk bersama-sama memajukan kelautan Indonesia. Salah satu caranya adalah dengan terjun langsung ke lapangan dan melakukan pengamatan. Jadi, mari lakukan eksplorasi supaya harapan Indonesia menjadi pusat maritim dunia bukan hanya sekedar angan-angan belaka. (Triana/ITK49)

Share/Bookmark