Liburan Seru Ala Mahasiswa Kelautan

Posted on Posted in Uncategorized
Liburan seru sambil menambah skill dan pengetahuan di bidang kelautan
Liburan seru sambil menambah skill dan pengetahuan di bidang kelautan

Libur panjang akhir semester merupakan hal yang ditunggu oleh mahasiswa pada umumnya. Ketika liburan berlangsung beragam aktivitas yang dilakukan oleh mahasiswa seperti pulang kampung, bermain ke rumah teman, wisata keliling Indonesia ataupun hanya tidur manis di kosan karena tak punya ongkos pulang kampung. Namun akan menjadi beda cerita kalau melihat aktivitas yang dilakukan oleh mahasiswa Departemen Ilmu dan Teknologi Kelautan IPB dalam mengisi waktu liburnya. Sebagian besar mahasiswa ITK IPB menggunakan waktunya untuk menambah pengetahuan dan kemampuan di bidang kelautan, seperti halnya yang dilakukan oleh 8 mahasiswa yang tergabung dalam tim scientific diving ITK IPB yang melakukan latihan bersama underwater photography di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta.

Kegiatan dimulai sesuai rencana yaitu hari Sabtu, 31 Januari 2015 dengan menempuh perjalanan darat Bogor-Muara Angke terlebih dahulu. Kemudian dilanjutkan perjalanan laut menggunakan kapal ojek menuju Pulau Pramuka. Meski alat yang dibawa lumayan banyak dan berat serta gelombang tinggi selama perjalanan, hal tersebut tidak mengurangi semangat tim scientific diving ITK IPB untuk melaksanakan kegiatan. Selain latihan bersama underwater photography, tim yang dipimpin oleh Prakas Santoso (ITK 45) juga melaksanakan night diving, pengamatan biota malam lamun, dan wawancara wisatawan serta masyarakat lokal Pulau Pramuka.

Kegiatan ini berakhir pada hari Senin, 2 Februari 2015. Hasil foto latihan bersama underwater photography akan dimanfaatkan oleh tim scientific diving ITK IPB untuk menyusun sebuah tulisan tentang kehidupan laut Pulau Pramuka.

Salah satu mahasiswa ITK yang mengikuti kegiatan tersebut, Adip Setiawan (ITK 49), mengatakan bahwa kegiatan ini membuktikan kepada teman-teman mahasiswa lain tentang cara seru mengisi liburan sekaligus menambah skill dan pengetahuan. (Fici Iman Nasetion/ITK 49)

Share/Bookmark