Kiprah Mahasiswa ITK dalam MineSpace 2015

Posted on Posted in Eksternal, Keilmuan, Keprofesian, prestasi

1428307092666

Siapa bilang mahasiswa kelautan cuma bisa berkecimpung di laut? Adalah Rivalni Septiadi, mahasiswa ITK angkatan 50, yang berhasil menembus 5 besar dalam lomba penulisan karya ilmiah dalam ajang MineSpace (Mining Engineering Student Parade and Competition) yang diselenggarakan oleh Persatuan Mahasiswa Tambang Universitas Hasanuddin (Permata-UH). Lomba ini merupakan Paper Contest di bidang pertambangan. Lomba yang berlangsung tanggal 26-28 Maret 2015 di Makassar ini diikuti oleh 10 tim yang berhasil lolos ke babak presentasi karya ilmiah.  Rivalni merupakan mahasiswa ITK yang sudah dikenal sering mengikuti lomba karya tulis ilmiah.

Rivalni bersama rekannya dari UKM Forces menawarkan solusi kreatif terhadap pemerintah bagaimana cara mereklamasi lahan bekas pertambangan yang baik melalui sebuah project yang diberi nama Miedu-Land (Mining Education Land). Ia mendapat ide tersebut melalui pengamatan terhadap lingkungan di sekitar tempat tinggalnya di Lombok. Di sana terdapat lahan bekas pertambangan yang terbengkalai dan menimbulkan dampak bagi masyarakat lokal seperti terputusnya lapangan pekerjaan dan efek traumatis akibat aktivitas pertambangan yang kurang aman.

Awalnya Rivalni memperoleh info lomba dari rekannya di UKM Forces dua hari sebelum batas pengumpulan abstrak. Rivalni mengatakan tahun ini ia memang merencanakan untuk pergi ke Makassar dan hal tersebut bersambut dengan adanya lomba ini. Abstrak dikumpulkan sehari sebelum batas waktu dan dinyatakan lolos serta berhak mengikuti babak presentasi paper di Makassar. Rivalni sempat merasa gugup ketika melihat karya dari tim lain, terutama dari ITB, yang benar-benar melakukan penelitian tentang pertambangan.

Rivalni merasa poinnya semakin berkurang ketika juri menanyakan mengenai teori pertambangan dan ia hanya mampu menjawab sesuai jurnal yang pernah dibacanya, mengingat ia tidak memiliki basic pertambangan sama sekali. Namun keunikan ide membuatnya mampu menembus 5 besar dan menduduki posisi keempat dalam pengumuman final. Melalui lomba ini Rivalni dan rekannya mengaku mendapat pengalaman, ilmu, dan teman-teman baru, bahkan sempat mencicipi wisata di kota Makassar.

Selamat kepada Rivalni atas prestasinya yang membanggakan!

ITK ITK ITK, YES YES YES!!!

-Mutia/ITK 50

Share/Bookmark