Himiteka dalam Lokakarya Perikanan Bersama Komisi IV DPR RI dan Himpunan Alumni IPB

Posted on Posted in Eksternal, Kepengurusan 2014-2015, Kunjungan

lokakarya

Kamis, 18 April2015,  47 perwakilan  mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) IPB  mengikuti acara Lokakarya Perikanan di Gedung  Nusantara DPR RI. Sebanyak 19 adalah mahasiswa dari Himpunan Mahasiswa Ilmu dan Teknologi Kelautan (Himiteka). Dalam Lokakarya Perikanan tersebut mengusung tema “Ikan Melimpah, Nelayan Susah, IQ rendah : Membangun Perikanan yang Berkeadilan bagi Nelayan dan Pembudidaya Ikan untuk Kecerdasan Bangsa”. Acara tersebut terselenggara berkat kerjasama antara Komisi IV DDPR RI dengan Himpunan Alumni Institut Pertanian Bogor (HA-IPB). Acara dimulai pukul 13.15 WIB dan dibuka langsung oleh Ketua Komisi IV, Edy Prabowo.

Dalam lokakarya tersebut panelis yang hadir adalah instansi yang dianggap berpotensi terhadap pembangunan perikanan ke depan. Panelis yang hadir adalah dari Komisi IV DPR RI, Tim Road Map HA-IPB dan FPIK, Dirjen Pendidikan Dasar Kementerian Pendidikan, Dirjen Bina GIzi dan Kesehatan Ibu dan Anak Kementerian Kesehatan, Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdaganan,  Badan Perencanaan Nasional,  Perum Perindo, PT. Kelola Mina Laut, Induk Koperasi Perikanan Nasional, Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI), Dirjen Budidaya, dan Dirjen Perikanan Tangkap Kementerian Kelautan Perikanan. Masing-masing instansi memberikan pemaparan tentang program yang telah atau hendak dilaksanakan terkait dengan pembangunan perikanan. Banyak program dari masing-masing instansi yang ternyata sudah mulai sinergis dengan pembangunan perikanan. Seperti halnya dengan program dari Dirjen Pendidikan Dasar Kementerian Pendidikan tentang rencana akan dimasukannya pendidikan gemar makan ikan ke dalam kurikulum pembelajaran.

Lokakarya yang berlangsung hingga jam 17.00 WIB ini diharapkan menjadi sebuah kerjasama yang apik dalam membangun perikanan nusantara. Karena keterbatasan waktu, pembahasan lebih lanjut dari hasil lokakarya ini disepakati diadakan di Kementerian Kelautan dan Perikanan.

-Fici Iman Nasetion (ITK 49)/Divisi Eksternal

Share/Bookmark