Himiteka Lakukan Monitoring Mangrove di Parigi, Pangandaran

Posted on Posted in ekstrakulikuler, Keilmuan, Kepengurusan 2014-2015, Keprofesian

papan

Pada tanggal 13-15 April 2015, satu tim dari Himiteka melakukan monitoring mangrove di pesisir Parigi, Pangandaran. Monitoring ini dilakukan dalam rangka kegiatan Konsurv (Konservasi dan Survei Kelautan), yang merupakan salah satu mega proker dari Himiteka. Kegiatan monitoring ini merupakan bagian dari kegiatan pra-Konsurv dan dilakukan untuk memantau kondisi mangrove yang ditanam pada tahun 2014 oleh Himiteka pada kegiatan Konsurv sebelumnya.

rendy

Saat monitoring dilakukan, kondisi pesisir Parigi saat itu tengah mengalami pasang. Dalam kegiatan monitoring ini dilakukan pengambilan data kualitas air yang meliputi suhu, salinitas, dan pH yang dilakukan langsung oleh Ketua Konsurv 2015, Rendy Budi Prastiko (ITK 50). Berbeda dari kegiatan sebelumnya, kali ini marking posisi mangrove dilakukan menggunakan hand GPS. Fadlil Pungkas (ITK 49) dari Divisi Keprofesian dan Keilmuan Himiteka nampak tak kesulitan melakukan marking walaupun saat itu air pasang mencapai setinggi lututnya.

bang ading

Berdasarkan hasil monitoring, dari 2000 benih mangrove yang ditanam pada tahun 2014, 1306 benih di antaranya masih bertahan hidup. Populasi mangrove yang paling banyak bertahan adalah yang ditanam di lagoon yang relatif tidak mengalami banyak gangguan. Sedangkan yang ditanam di dekat muara banyak terpengaruh arus, pasang surut, dan lalu lalang kapal sehingga banyak yang mati. Untuk tahun 2015 sendiri, panitia Konsurv menargetkan akan menanam 2000 benih mangrove.

peta
Peta Survei Mangrove Hasil Penanaman Konsurv 2014

 

-Utari/ITK 49

Share/Bookmark

Leave a Reply