SURVEY LAPANG TELUK KILUAN, LAMPUNG

Posted on Posted in Keilmuan, Kepengurusan 2014-2015, Keprofesian

 

Gerbang Masuk Menuju Teluk Kiluan
Gerbang Masuk Menuju Teluk Kiluan

Pada tanggal 28 – 30 April 2015, Amri Sabrian (ITK 49), Anom Sulardi (ITK 49) dan Aiman Mufrih (ITK 50) yang merupakan anggota dari tim Ekspedisi HIMITEKA melakukan survey lapang ke Teluk Kiluan guna mendapatkan informasi mengenai kondisi lingkungan dan kebutuhan logistik di Teluk Kiluan untuk persiapan kegiatan Ekspedisi HIMITEKA yang akan dilaksanakan pada akhir bulan Mei 2015.

Ekspedisi HIMITEKA ini merupakan salah satu program kerja Divisi Keilmuan dan Keprofesian HIMITEKA. Ekspedisi Teluk Kiluan ini merupakan kegiatan ekspedisi kami untuk yang kedua kali, sebelumnya kegiatan ekspedisi ini telah dilakukan di Teluk Banten pada masa periode kepengurusan tahun lalu. Kegiatan ekspedisi ini dilakukan guna mengetahui dan mengeksplorasi potensi-potensi yang ada di wilayah Teluk Kiluan yang mungkin belum diketahui oleh masyarakat luar bahkan mahasiswa. Sebagai informasi, Teluk Kiluan merupakan tempat destinasi mamalia laut yaitu lumba-lumba. Oleh karena itu, pelestarian alam di Teluk Kiluan sangat diperlukan agar mamalia laut tersebut dapat terus bertahan hidup di sana.

Selain mencari informasi tentang kondisi lapang, pada saat survey tim juga mendatangi instansi-instansi terkait yang ada di sana untuk  mengajak bekerja sama dalam pelaksanaan ekspedisi nanti. Adapun instansi-instansi yang akan turut bekerja sama dalam pelaksanaan ekspedisi Teluk Kiluan yaitu, Desa Kiluan Negeri sebagai tempat diadakannya ekspedisi, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Lampung, Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Lampung, Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Tanggamus, dan SDN 1 Kiluan Negri dan SMPN Satu Atap 4 Kelumbayan.

2

“Kami sangat mendukung kegiatan Ekspedisi Himiteka 2015 karena ini akan berdampak positif terhadap masyarakat Teluk Kiluan” ujar salah satu masyarakat Desa Kiluan ketika kami tanya opini masyarakat tentang kegiatan ini.

– Januarizka S. Pratomo/ITK49

Share/Bookmark