Fokustik Himiteka Sukses Gelar Pelatihan Jurnalistik

Posted on Posted in Uncategorized

1432101312402

Untuk pertama kalinya, Himiteka, khususnya Divisi Fokustik, mengadakan seminar pelatihan jurnalistik untuk warga ITK. Acara tersebut diselenggarakan pada hari Senin, 18 Mei 2015 bertempat di Ruang Serba Guna ITK. Hadir sebagai pembicara dalam seminar tersebut adalah Beginer Subhan, dosen ITK yang telah lama malang melintang di dunia jurnalistik, dan Ragil Ramadhani (ITK 49). Seminar tersebut dihadiri oleh warga ITK, khususnya peserta kegiatan Konsurv dan Ekspedisi. Seminar tersebut dipandu oleh dua MC dari divisi Fokustik, yaitu Januarizka dan Mutia. Acara sempat mengalami keterlambatan sekitar 30 menit dari jadwal semula, yaitu pukul 19.00 WIB, karena menunggu peserta berkumpul terlebih dahulu.

Dalam seminar tersebut, Bang Begin sempat menyelipkan cerita mengenai pengalamannya di bidang jurnalistik kampus semasa aktif sebagai mahasiswa. Bang Begin merupakan mantan pimpinan redaksi dari buletin Biru, buletin Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Menurut beliau, yang menjadi kendala terbesar bagi pers kampus adalah masalah dana yang terbatas.

1432101335377
Bang Begin menyampaikan materi mengenai jurnalistik

Materi yang disampaikan malam itu mengenai perbedaan berita dengan opini dan tajuk rencana, kemudian disampaikan pula cara penulisan berita agar menarik dibaca, dan kaidah-kaidah penulisan berita. Materi disampaikan dengan gaya menghibur khas Bang Begin sehingga suasana seminar terasa lebih hidup dan tidak membosankan. Peserta nampak antusias mendengarkan materi yang disampaikan.

Materi kedua mengenai teknik pengambilan gambar menggunakan kamera disampaikan oleh Ragil Ramadhani dari divisi Fokustik. Ragil menyampaikan materi mengenai faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kualitas gambar yang diambil, seperti shutter speed, aperture, DOF, dan lain sebagainya. Sebagai pelengkap, ia juga menampilkan foto-foto sebagai contoh dari materi yang disampaikan.

1432101351027
Materi fotografi dari Ragil Ramadhani

“Acaranya bagus, bisa memotivasi kita biar lebih semangat menulis dan mempublikasikan diri. Harus diadain sering-sering biar lebih hits,” kata Gia, salah satu peserta seminar. Senada dengan Gia, Utari menyampaikan apresiasinya untuk acara seminar pelatihan jurnalistik ini. Namun kritik disampaikan karena waktu pelaksanaannya di malam hari dirasa kurang kondusif.

Pelatihan jurnalistik ini tentunya tidak akan berhenti hanya di seminar saja. Kelanjutan dari seminar ini adalah pembuatan tulisan yang berkaitan dengan kegiatan Konsurv dan Ekspedisi yang akan dipublikasikan dalam bentuk flyer. Setiap peserta diharapkan mampu berpartisipasi penuh dalam kegiatan ini. Karena banyak sekali warga yang berminat mengikuti pelatihan jurnalistik ini, panitia memutuskan untuk kembali mengadakan kegiatan yang sama dalam waktu dekat. Nantikan pengumuman untuk pelatihan jurnalistik edisi kedua!

-Mutia (ITK 50)/Divisi Fokustik Himiteka 2015

Share/Bookmark