ITK Raih Juara dalam Kontes Videografi Pesisir Planopolis 2015

Posted on Posted in Uncategorized

1432401120177

Mahasiswa Ilmu dan Teknologi Kelautan FPIK-IPB kembali membuktikan bahwa mereka tidak hanya mampu bersaing di bidang perikanan dan kelautan saja. Kali ini Jihad dan Wahid Suherfian dari ITK angkatan 48 membuktikannya dengan cara memenangi kontes Coastal Videography dari event Planopolis yang diselenggarakan oleh himpunan mahasiswa jurusan Planologi dari  Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya. Video berjudul ‘A Wish from Pramuka Island’ berhasil memukau juri dan mengantarkan mereka meraih juara pertama.

Berbeda dengan video-video lain dalam kontes yang menampilkan keindahan alam, Jihad dan Wahid justru menampilkan video dari sudut pandang jurnalistik yang mengangkat konflik kemudian mengakhirinya dengan solusi. Dalam video ini, mereka menampilkan wawancara dengan asosiasi wisata, pemerintah, masyarakat, dan pengelola taman nasional. Berangkat dari adanya konflik antara masyarakat dengan pihak pengelola taman nasional terkait kebijakan dan kehidupan sosial. Potongan-potongan kisah itu lalu disatukan menjadi sebuah video yang menawarkan solusi bagi permasalahan tersebut sehingga dapat diselesaikan. Selain itu dalam video ini, Jihad dan Wahid juga mengangkat permasalahan konservasi dan pemanfaatannya yang bertentangan dengan tujuan awalnya.

1432401123928
Pengumuman kejuaraan

Video berdurasi 5 menit yang menggunakan bahasa Inggris ini bermula dari kegiatan Praktek Kerja Lapang (PKL) yang dilakoni keduanya kala masih duduk di tingkat tiga. Jihad dan Wahid mendokumentasikan kegiatan mereka, termasuk pengambilan data dan interaksi dengan masyarakat lokal. Video tersebut sempat terbengkalai selama satu tahun, sebelum muncul ide untuk mengikutsertakannya dalam lomba videografi pesisir ini. Proses pengeditan video memakan waktu 2 minggu. Jihad sendiri mengaku tidak terlalu berharap akan memenangkan kontes, namun ia tetap yakin akan berhasil dalam kontes ini. Selamat untuk Jihad dan Wahid atas prestasinya!!

Seperti dituturkan Jihad kepada Rias Magenta, Rabu (20 Mei 2015)

Mutia (ITK 50)/Divisi Fokustik Himiteka 2015

Share/Bookmark