Himiteka Lakukan Ekspedisi di Teluk Kiluan, Lampung

Posted on Posted in Kepengurusan 2014-2015, Keprofesian

Himpunan mahasiswa Ilmu dan Teknologi Kelautan IPB (Himiteka) berhasil mengeksplorasi tanah Sumatera.

Tim Ekspedisi HIMITEKA
Tim Ekspedisi HIMITEKA

Setelah melakukan Ekspedisi yang pertama pada tahun 2014 di Teluk Banten, tahun ini Himiteka berhasil melakukan ekspedisi kedua yang bertempat di Teluk Kiluan, Lampung. Ekspedisi Himiteka tahun ini berlangsung pada 30 Mei – 4 Juni 2015 untuk mengambil data oseanografi, pemetaan, akustik, hidrobiologi laut dan mamalia laut. Tahun ini Teluk Kiluan dipilih menjadi lokasi untuk dieksplorasi, selain lumba-lumba yang menjadi daya tarik utama dari Teluk Kiluan, disana masih banyak keindahan alam yang masih belum terungkap. Tim Ekspedisi Himiteka bertekad untuk dapat mengungkap potensi tersembunyi lain yang dimiliki oleh Teluk Kiluan tersebut dan juga sebagai sarana pengaplikasian ilmu yang telah didapatkan di bangku perkuliahan.

Gosong terumbu yang terdapat di Pulau Kiluan
Gosong terumbu yang terdapat di Pulau Kiluan

“Banyak sekali keanekaragaman hayati yang belum tereksplor di Kiluan, sudah merupakan kewajiban kami untuk menggali informasi dan menyebarkannya ke masyarakat luar sebagai mahasiswa kelautan”. Ujar Amri Sabrian selaku ketua Tim. Banyak hal menarik disana yang belum diketahui banyak orang. Wisatawan yang datang ke Pulau Kiluan sebagai home base hanya bertujuan untuk melihat lumba-lumba yang ada disana saja. Padahal, keindahan bawah air Kiluan tidak kalah dari tempat wisata yang ada di Indonesia.

“Perlu adanya pembangunan didaerah sana, untuk menarik wisatawan maka pemerintah harus melakukan pembangunan inspratuktur yang baik untuk mendukung kegiatan pariwisata yang ada disana” tambahnya.

– Triana/ITK49

Share/Bookmark