Ekspedisi Nusantara Jaya (ENJ) 2015

Posted on Posted in Eksternal, Kunjungan
ENJ
Konfigurasi ENJ 2015 yang dibentuk oleh seluruh peserta Ekspedisi Nusantara Jaya 2015 (photo by: erlangga)

Ekspedisi Nusantara Jaya merupakan kegiatan yang diadakan oleh Kemenkomaritim guna mewujudkan visi “poros maritim dunia” yang saat ini tengah digemakan oleh presiden Jokowi beserta kabinet kerja Indonesia Bersatu. Menurut Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Bapak Indroyono Susilo, Kegiatan Ekspedisi Nusantara Jaya ini bertujuan untuk menyetarakan tingkat kesejahteraan rakyat di Indonesia bagian barat maupun Indonesia bagian timur. Harapannya, tidak ada lagi perbedaan harga barang-barang, khususnya kebutuhan pokok yang signifikan. “Mulai saat ini, hilangkan anggapan bahwa pulau-pulau di Indonesia dipisahkan oleh lautan. Namun sebaliknya, Indonesia disatukan oleh lautan,” tegasnya dalam sambutan upacara pelepasan Tim ENJ 2015. Hal ini berkaitan pula dengan gagasan pak Presiden Jokowi mengenai Tol Laut, yang nantinya diharapkan agar jalur pelayaran diseluruh Indonesia tidak lagi mengalami hambatan dan penumpukan antrian kapal di setiap pelabuhan tidak lagi terjadi, sehingga distribusi barang dari kota-kota besar ke pulau-pulau kecil dan terdepan dapat dilakukan dengan cepat.

Ekspedisi Nusantara Jaya 2015 dilaksanakan pada tanggal 1 juni 2015 – 26 juni 2015, dengan rute pelayaran Jakarta – Makassar (Sulawesi Selatan) – Sorong (Papua Barat) – Saumlaki (Maluku Tenggara Barat) – Kupang (Nusa Tenggara Timur) – Jakarta. Jarak tempuh 6.850 km, melewati 7 lautan (Laut Jawa, Laut Makassar, Laut Banda, Laut Aru, Laut Timor, Laut Flores, dan Laut Sawu), dan bersandar di 4 pulau (Sulawesi, Papua, Maluku Tenggara, dan Nusa Tenggara Timur). Ekspedisi Nusantara Jaya 2015 ini, diikuti oleh kurang lebih 200 orang yang terdiri dari peserta dan panitia ENJ 2015, Satgas TNI-AL, serta anggota KRI BAC LPD 593.

Kegiatan Ekspedisi Nusantara Jaya memiliki tugas utama, yaitu menyalurkan bantuan-bantuan sosial, seperti: Solar Cell, antenna parabola, beberapa set audio soundsystem, toren-toren penampungan air tawar, biskuit sekolah, biskuit ibu hamil, serta buku-buku bacaan untuk disumbangkan kepada masyarakat Indonesia Timur. Selain itu, Ekspedisi Nusantara Jaya 2015 juga mengadakan kegiatan penukaran uang rupiah dan sosialisasi kewajiban penggunaan mata uang rupiah, serta mengadakan kegiatan pasar murah yang bekerjasama dengan Hypermart.

Ekspedisi Nusantara Jaya 2015 memiliki tema kegiatan yang berbeda di setiap pulau yang disinggahi. Di Makassar, ENJ 2015 bertema kegiatan “Konservasi”, hal ini terwujud dalam bentuk konservasi terumbu karang di pulau Samalona, Makassar. Di Sorong, ENJ 2015 bertema kegiatan seputar “Pariwisata”, para peserta diminta untuk mengeksplorasi lokasi-lokasi strategis dan menarik untuk dikunjungi di Sorong. Agar nantinya, Papua Barat (khususnya Sorong) dapat menarik banyak wisatawan dan menambah pendapatan devisa negara. Di Saumlaki, ENJ 2015 bertema kegiatan tentang “Kesehatan”, hal ini terwujud dalam bentuk penyuluhan dan sosialisasi tentang pentingnya merawat dan menjaga kebersihan lingkungan dan kebersihan diri, bahaya HIV / AIDS, bahaya narkotika dan seks bebas, serta sosialisasi pentingnya mengkonsumsi makanan bergizi. Di Kupang, ENJ 2015 bertema kegiatan terkait “Pendidikan”. Saat ini daerah kota/kabupaten Kupang merupakan salah satu daerah yang memiliki tingkat pendidikan terendah di Indonesia. Setiap tahun, Kupang dan Papua selalu bergantian menjadi pemegang predikat nilai rata-rata UN terendah di Indonesia. Untuk itu,kegiatan pendidikan dinilai cocok untuk dilaksanakan di Kupang. Bersamaan dengan itu, rekan-rekan dari Geotour Indonesia pun memiliki misi untuk mendirikan taman baca mini di Kupang. Sehingga kegiatan pendidikan di Kupang disetting menjadi pembuatan perpustakaan mini dan sosialisasi pendidikan maritim di beberapa SD dan PAUD di daerah Silue dan Tumbaun, Kab.Kupang, Nusa Tenggara Timur.

-Fiqreno Gagas Wicaksono (ITK 48)/ILUSIRAYA

Share/Bookmark