Mahasiswa ITK IPB Lakukan Transplantasi Terumbu Karang Bersama TNI AL

Posted on Posted in Uncategorized

tio

Mega-biodiversity Country adalah julukan yang disandang oleh Indonesia berkat kekayaan bawah lautnya. Sebagai negara yang menjadi pusat segitiga terumbu karang dunia sudah sepatutnya negeri ini melakukan upaya pelestarian dan pengelolaan yang tepat agar kelestarian terumbu karangnya.

                Saat ini sudah lebih dari 30% terumbu karang Indonesia mengalami kerusakan. Banyak faktor yang menyebabkan degradasi ekosistem terumbu karang baik faktor lingkungan maupun aktifitas manusia,beberapa kegiatan perikanan yang berpotensi merusak terumbu adalah pengunaan bom, penanggkapan dengan bius atau pottasium, dan limbah industri.

                Berbagai kegiatan kemaritiman telah digalakkan demi mewujudkan masyarakat cinta bahari dan menjaga kelestarian ekosistem bawah laut. Salah satu kegiatan tersebut adalah Save Our Litoral Life (SOLL), yaitu suatu kegiatan transplantasi terumbu karang yang digagas oleh TNI AL bersama KKP. SOLL ini merupakan kegiatan nasional transplantasi terumbu karang yang dilakukan mulai dari Sabang sampai Merauke pada 152 titik penanaman. Kegiatan ini dilakukan sejak Juli 2015 dan puncaknya pada tanggal 17 Agustus 2015 bersamaan dengan peringatan HUT RI ke 70.

tio1

                Salah satu titik penenggelaman terumbu karang adalah Pantai Tiga Warna, Sendang Biru, Kabupaten Malang. Pada kegiatan ini, delapan mahasiswa Ilmu dan Teknologi Kelautan FPIK IPB berkesempatan untuk turut serta melakukan trasnplantasi terumbu karang.

“Sambil melaksanakan PKL, saya dapat menerapkan ilmu yang saya pelajari di kampus tentang transplantasi terumbu karang” ujar Fici, salah satu mahasiswa ITK-IPB.

                “Belajar tanpa melakukan apapun, tanpa pernah turun ke lapang adalah percuma, sistem learning by doing menurut saya adalah metode belajar yang paling pas, belajar lanjut praktek,” tambah Fici.

Sebelum melakukan penenggelaman terumbu karang terlebih dahulu dilakukan pembuatan Visa Apartement atau rumah terumbu karang. Bibit karang yang ditransplan berasal dari coral garden Pantai Tiga Warna.

tio2

Kegiatan penanaman juga melibatkan para pengunjung yang sedang berwisata di Pantai tiga warna dengan total 104.250 bibit. Ini adalah bentuk sinergi pelestarian lingkungan antara pemerintah bersama masyarakat, bersatu bahu mengembalikan potensi laut indonesia melalui upaya melindungi, melestarikan, dan memanfaatkan.

                Yang terpenting dari semuanya adalah kesadaran kita masing-masing untuk menyelamatkan salah satu sumber daya alam yang sangat bermanfaat ini, bukan hanya tugas pemerintah, masyarakat, namun seluruh warga bangsa Indonesia.

-Tio Dwi Wibisono (ITK 49)

Share/Bookmark