Mahasiswa ITK Raih Gelar Juara Pada Kompetisi Ilmiah Internasional di Taiwan

Posted on Posted in prestasi

Mahasiswa ITK kembali menorehkan prestasi yang membanggakan dengan terpilihnya Go Marine Team yang terdiri dari Rivalni Septiadi, Bayu Pamungkas, Akbar Habibie, Andhika Nanda Bagja, dan Dio Andikapadrya Kautsar (ITK 50). Tim yang dibimbing oleh Bapak Ayi Rahmat, S.Pi, M.Si selaku dosen Ilmu dan Teknologi Kelautan berhasil menjadi juara II dan III dalam 2015 Asia Pasific Agriculture Undergraduate Student Proect Competition pada tanggal 26-28 November 2015 di Pingtung, Taiwan. Pada kegiatan ini ada 24 paper yang dilombakan dari masing-masing negara di Asia Pasifik. Juara II diraih melalui project dengan judul SunRain: Utilization of Rain Water Circulation System for Agricultural – Based Solar Cell, sedangkan juara III diraih melalu project Pla Machine: Integrated Autonomous Aquaculture System with Acoustical Instrument as Fish Caller for Harvesting Cultivated Fish.

taiwan

2015 Asia Pacific Agriculture Undergraduate Student Project Competition merupakan suatu ajang kompetisi project paper tahunan yang diselenggarakan oleh Global Food Research Center (GFSRC), National Pingtung University of Science and Technology (NPUST), Taiwan. Kegiatan ini merupakan wadah bagi mahasiswa untuk berbagi pengetahuan dalam berbagai bidang penelitian, juga untuk meningkatkan keterampilan profesional serta kemampuan berkomunikasi. Sesuai dengan bidang khusus penyelenggara, yakni pertanian, kegiatan ini mengangkat topik mengenai pertanian, seperti Agrifood Processing and Safety, Sustainable Livestock and Aquaculture Production, Sustainable Soil and Water Development, Economic Analysis of Food Security Policy, and Energy Application in Agriculture.

Terdapat sekitar 24 paper yang dilombakan, yang sebelumnya telah lolos seleksi tahap awal. Kemudian dalam presentasinya, terbagi menjadi 3 kelas sesuai dengan topik bahasan yang dipiliholeh peserta. 24 paper yang mengikuti kompetisi merupakan paper hasil karya mahasiswa IPB, yang mewakili Indonesia, dan yang lainnya berasal dari berbagai negara, seperti Taiwan, Vietnam, dan Thailand.

Pada Kamis, 26 November 2015 peserta disambut oleh Prof. Dr. Henry H. Chen di gedung Pingtung Agricultural Biotechnology Park, kemudian dilanjutkan dengan memperkenalkan profil National Pingtung University of Science and Technology  dan Pingtung Agricultural Biotechnology Park secara umum.

Pada Jumat, 27 November 2015, acara kembali dibuka oleh Prof. Dr. Henry H. Chen selaku Chair of International College NPUST, sebagai perwakilan dari pihak penyelenggara. Kemudian dilanjut dengan kuliah umum tentang An Entrepreneur’s Journey Oleh Szu-Sung Yang, PhD. Acara selanjutnya adalah presentasi, dimana setiap peserta mempresentasikan paper nya dihadapan juri. Di kelas presentasi ini dilakukan penilaian oleh para juri untuk menentukan pemenang.

Hasil kompetisi langsung diumumkan pada malam harinya saat Gala Dinner. Setiap kelas presetasi, terdapat 3 pemenang. Dan hasilnya Mahasiswa ITK IPB berhasil membawa 2 gelar juara yaitu Juara 3 pada bidang Sustainable Livestock and Aquaculture Production dan Juara 2 pada bidang Sustainable Soil and Water Development.  Pada malam tersebut setiap perwakilan negara wajib menampilkan pertunjukan yang berasal dari masing-masing negaranya. Delegasi dari Indonesia menampilkan pertunjukan berupa nyanyian lagu daerah.

Pada Sabtu, 28 November 2015 peserta melakukan kunjungan ke Chijiin, daerah yang menyimpan banyak warisan budaya serta pemandangan alam yang indah di Taiwan. Di Chijin peserta dapat mengetahui sejarah budaya di Taiwan, tidak hanya itu saja peserta dapat berfoto bersama dan saling mengakrabkan satu sama lain.

-Rivalni Septiadi/ITK 50

Share/Bookmark