Himiteka Lakukan Transplantasi Karang di Pulau Kelapa Dua, Kepulauan Seribu

Posted on Posted in Eksternal, Keilmuan, Keprofesian

gelapin

Bertepatan dengan Hari Nusantara Nasional ke 14, mahasiswa Departemen Ilmu dan Teknologi Kelautan FPIK IPB melakukan kegiatan transplantasi karang di Pulau Kelapa Dua Kepulauan Seribu. Kegiatan ini diikuti oleh 23 peserta yang berasal dari berbagai kalangan baik IPB maupun luar IPB. Peserta terdiri dari mahasiswa ITK IPB, mahasiswa pasca sarjana Teknologi Perikanan Laut IPB, mahasiswa Fakultas Kehutanan IPB, dan mahasiswa Universitas Jendral Soedirman.

DSCN0056

“Konservasi adalah tugas semua orang, maka dari itu kami mencoba mengajak semua kalangan untuk ikut serta dalam penyelamatan ekosistem karang Indonesia,” ujar Tio selaku ketua panitia. “Kegiatan ini juga melibatkan masyarakat dan pihak Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu (TNKPS),” tambahnya.

Kegiatan yang merupakan rangkaian acara Dies Natalis Himiteka ke 23 ini telah dilakukan sejak Sabtu (12/12) hingga Minggu (13/12) dan dilaksanakan dalam bentuk penanaman terumbu karang dan penyelamatan ekosistem perairan laut. Metode yang digunakan dalam kegiatan transplantasi ini adalah metode konblok, dimana setiap konblok dapat diisi dengan lima karang transplan yang kemudian direkatkan menggunakan semen.

DSC_0090

Pak Kiki selaku koordinator lapang dari TNKPS mengatakan, “Setiap metode transplantasi memiliki kelemahan dan kelebihan masing-masing, saat ini kami baru menggunakan metode rak dan metode konblok dalam kegiatan transplantasi di wilayah seksi 2 TNKPS.”

Jenis karang yang ditransplantasi dalam kegiatan ini adalah spesies Favia sp., Pocillopora domicornis, dan Tubastraea micronthus.

IMG_1557

“Kami merancang kegiatan transplantasi karang ini sebagai kegiatan tahunan yang akan terus dilaksanakan oleh Himiteka (Himpunan Mahasiswa Ilmu dan Teknologi Kelautan) IPB, tentunya bersama seluruh kalangan baik mahasiswa, masyarakat, dan pemerintah. Kami juga akan melakukan monitoring terhadap pertumbuhan karang transplantasi ini,” ujar Tio.

 -Tio Dwi Wibisono (ITK 49)

Share/Bookmark