Serunya Outbound LDK Himiteka IPB

Posted on Posted in Uncategorized

kumpulAda yang berbeda di area hutan sebelah rektorat Minggu, 17 Januari 2015 kemarin. Sejak pukul 7 pagi, 64 orang mahasiswa ITK 51 siap sedia hadir di parkiran rektorat untuk melaksanakan outbound. Mereka diinstrusikan untuk dibagi dalam 8 tim, yang tiap tim tersebut diberi nama sesuai dengan judul anime, yaitu Doraemon, Dragonball, Sailormoon, Onepiece, Eyeshield, Naruto, Haikyu, dan Kuroko. Tak lupa masing-masing tim membuat yel-yel untuk menambah kecerian outbound. Outbound tersebut terdiri dari 8 pos, yaitu pos perkenalan, pos kecerdasan, pos follow the leader, pos kebersamaan, pos keberanian, dan pos kebangaan. Tiap pos diisi oleh beberapa panitia untuk mengisi materi dan setiap tim bergantian memasuki pos.

introPos perkenalan menguji seberapa peserta saling mengenal dan peduli identitas pribadi temannya. Pos kecerdasan peserta diuji kelihaian menggunakan logikanya secara cepat dan tetap memperhitungkan kebersamaan dari tiap tim tersebut. Keseruan terjadi di pos follow the leader. Peserta ditutup matanya menggunakan slayer dan hanya 1 orang yang membuka mata dan menjadi pemandu. Terdapat arena yang telah ditentukan jalurnya oleh panitia. Peserta dilatih agar tetap fokus dan memikirkan strategi dalam menghadapi rintangan. Kemudian di pos kebersamaan peserta diuji dalam kerjasama tim untuk mengarahkan bola ping pong pada media air agar sampai di tempat tujuan. Bola ping pong dihanyutkan oleh panitia dan peserta harus mengarahkan bola tersebut untuk sampai di titik yang ditentukan.

follow the leaderPos 5 merupakan pos keberanian. Peserta ditantang untuk menaiki tanjakan dengn menggunakan bantuan tali kemudian menuruni tanjakan tanah cukup tinggi dan licin layaknya perosotan. Setelah seluruh anggota tim sampai di atas, mereka ditantang panitia untuk menuruni perosotan alami sambil berteriak sekuat tenaga. Hampir seluruh peserta ternyata berani menuruni perosotan alami yang sangat curam dan licin tersebut.

keberanianPos yang terakhir adalah pos kebanggaan. Pada pos ini peserta diinstruksikan untuk mencari benda yang melambangkan kebanggaan mereka di departemen ITK. Benda tersebut adalah jaket lapang, karena jaket lapang tersebut memiliki logo HIMITEKA yang memiliki arti khusus bagi warga ITK. Para peserta diberikan pandangan bahwa mahasiswa ITK berkewajiban dalam menjaga nama baik HIMITEKA dan berkontribusi penuh dalam memajukannya. Terasa keharuan di antara peserta dan panitia karena terbawa suasana bangga yang dirasakan kepada HIMITEKA.

Acara berjalan sesuai dengan yang direncanakan dan tidak ada masalah baik dari pihak peserta maupun panitis. Tergambar pula kesenangan di wajah para peserta walaupun badan mereka penuh dengan lumpur. Mereka justru berfoto-foto dengan penampilan mereka yang penuh lumpur tersebut.

-Lukman Hakim (ITK 49)

Share/Bookmark