Belajar Akustik dan Instrumentasi Kelautan bersama HIMITEKA

Posted on Posted in Uncategorized
Pelatihan Akustik dan Instrumentasi Kelautan
Pelatihan Akustik dan Instrumentasi Kelautan

Himpunan Mahasiswa Ilmu dan Teknologi Kelautan Institut Pertanian Bogor menyelenggarakan kegiatan Pelatihan dalam bidang Akustik dan Instrumentasi Kelautan yang ditujukan kepada mahasiswa Ilmu dan Teknologi Kelautan (ITK). Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Sabtu, 19 Desember 2016 dimulai pukul 09.00 s.d. 12.00 di Lab Komunikasi ITK.

Kegiatan pelatihan ini dihadiri oleh mahasiswa ITK angkatan 50 dan 51 yang berjumlah 36 orang. Materi pelatihan kali ini yaitu pelatihan software Sonar 5 Pro dengan Mba Indah (ITK 48) dan Mba Ratih sebagai pemateri, dan juga pak Anto sebagai teknisi Lab Komunikasi.

Sonar 5 pro merupakan series Sonar X yang diciptakan oleh Helge Balk dan Torfinn Lindem. Sonar 5 Pro dapat digunakan untuk mengolah data dari single atau split beam echosounder. Sonar 5 Pro memiliki keunggulan dibanding Echoview yaitu userfriendly, memiliki 2 tipe echogram (Amplitudo echogram dan SED Echogram), Toolsnya lebih lengkap, dan dapat membuat Echogram dalam bentuk 3D. Sonar 5 Pro dapat digunakan untuk pendugaan stok ikan, tracking, dan lain-lain tergantung tujuan dari peneliti.

Mahasiswa Ilmu dan Teknologi Kelautan sangat antusias dalam mengikuti pelatihan ini, banyak sekali mahasiswa yang aktif bertanya pada saat pelatihan dimulai. Mba Ratih sebagai teknisi Lab AIK mengatakan bahwa “Saya sangat mengapresiasi sekali karena HIMITEKA mengadakan kegiatan pelatihan seperti ini karena melalui pelatihan seperti ini mahasiswa dapat mengeksplor ilmu yang telah dipelajarinya dan dapat diaplikasikan”. Divisi Keilmuan dan Keprofesian terus berusaha untuk meningkatkan dan mengembangkan materi yang akan diberikan kepada mahasiswa Ilmu dan Teknologi Kelautan.

 

 

 

Harapannya, dengan mengikuti pelatihan ini peserta dapat terampil dalam mengolah data akustik menggunakan Sonar 5 Pro.

 

Share/Bookmark