MUSYAWARAH KERJA I HIMITEKA FPIK IPB

Posted on Posted in Uncategorized

Hari Rabu tanggal 13 April 2016 kemarin Dewan Formatur Himiteka mengadakan Musyawarah Kerja (Muker) I. Agenda ini merupakan forum pemaparan program kerja Himiteka kepada warga ITK. Musyawarah yang diselenggarakan di ruang kuliah P21 ini dibuka oleh  Dewan Formatur, Nugraha Agung, dengan penjelasan mengenai mekanisme diadakannya musyawarah kerja serta format evaluasi dan penilaian kinerja pengurus Himiteka. Selanjutnya pembina kemahasiswaan Himiteka yaitu Bapak M. Tri Hartanto menyampaikan sambutan yang berisi pesan dari departemen agar kegiatan kemahasiswaan dapat berjalan selaras dengan kalender akademik, sehingga tidak mengganggu aktivitas kuliah mahasiswa.

90869
Suasana Musyawarah Kerja I Himiteka
90875
Dewan Formatur Himiteka, Nugraha Agung (kiri) dan Wahyu (kanan)

            Musyawarah dilanjutkan dengan pemaparan tentang struktur kepengurusan dan program-program kerja secara umum yang disampaikan oleh ketua umum Himiteka, Akbar Habibie. Akbar menjelaskan bahwa pada periode 2016 pihak Direktorat Kemahasiswaan memberikan kuota hanya lima program kerja yang akan didanai. Terkait hal tersebut, Himiteka memutuskan bahwa program kerja yang diajukan untuk pendanaan ada lima yaitu Himiteka Clean Up, Peningkatan Internal yang di dalamnya ada program kerja Temu Alumni, Dies Natalis ITK ke-30, dan Kaderisasi, kemudian program kerja Konservasi dan Survei Lapang Kelautan (Konsurv), Ekspedisi Himiteka III, dan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Anggota.

90868
Akbar Habibie sedang menyampaikan program kerja Himiteka
90863
Yudha Fiqri menyampaikan program Kaderisasi

            Himiteka Clean Up merupakan program kerja divisi Internal yang bertujuan membersihkan, merapikan, dan merawat lingkungan ITK melalui kegiatan bersih-bersih ruangan sekretariat, pengecatan ulang logo Himiteka, dan revitalisasi taman ITK.  Program kerja Peningkatan Internal meliputi tiga program kerja yaitu Temu Alumni, Dies Natalis ITK ke 30, dan Kaderisasi. Temu Alumni merupakan ajang silaturahmi dengan alumni dan civitas ITK yang rencananya akan diadakan di bulan Mei. Acara Dies Natalis ITK ke 30 akan dilaksanakan berupa rangkaian yang terdiri dari lomba karya tulis (paper competition), seminar nasional, jalan sehat, dan ITK Day. Sedangkan Kaderisasi berupa rangkaian acara penyambutan mahasiswa baru ITK. Kemudian program kerja Ekspedisi Himiteka III tahun ini rencananya akan dilakukan di Kepulauan Seribu bagian utara pada bulan September. Dalam ekspedisi ini akan diambil data mengenai kondisi oseanografi, hidrobiologi, akustik, dan pemetaan. Kegiatan Konsurv yaitu konservasi mangrove di kawasan Parigi akan dilaksanakan bulan September dengan target penanaman 3000 bibit. Sementara program Pelatihan Peningkatan Kapasitas Anggota merupakan program divisi Keprofesian dan Keilmuan dengan cara pengadaan pelatihan dari empat bidang ilmu yang ada di ITK yaitu Oseanografi, Hidrobiologi, Penginderaan Jauh dan SIG, serta Akustik dan Instrumentasi Kelautan.

90862
Aris Setiawan selaku ketua Ekspedisi Himiteka III menyampaikan program kerjanya
90870
Bapak M. Tri Hartanto menyampaikan sambutan

            Musyawarah berlanjut dengan agenda tanya jawab serta diskusi dengan warga yang berlangsung hangat. Banyak sekali masukan, kritik, dan pertanyaan dari warga untuk pengurus yang diharapkan mampu menjadi evaluasi dalam pelaksanaan kegiatan selanjutnya. Acara ditutup pukul 18.30 oleh Dewan Formatur.

-Mutia Rizqydiani (ITK 50)

Share/Bookmark