Serunya Belajar Penginderaan Jarak Jauh Kelautan dan SIG Bersama HIMITEKA

Posted on Posted in Uncategorized
1460890051569
Peserta pelatihan bidang SIG dan Penginderaan Jauh

Himpunan Mahasiswa Ilmu dan Teknologi Kelautan (HIMITEKA-IPB)  mengadakan pelatihan bidang Pengindraan jarak jauh dan SIG Kelautan mengenai metode Survey. Pelatihan dilaksanakan pada tanggal 16 April 2016. Pelatihan ini dilakukan untuk penambahan kapasitas pengetahuan peserta yang memiliki minat lehih di Bidang Pengindraan jarak jauh dan SIG Kelautan. Kegiatan ini diikuti oleh 32 Mahasiswa di ITK yang dilakukan di Laboratorium Komputer ITK-IPB.  Pelatihan ini berkerja sama dengan Laboratorium Pemetaan dan Pemodelan Geospasial IPB. Adapun pemateri yang mengisi pelatihan ini adalah Bang Tarlan, Bang Nico dan Bang Ate.

Pengindraan jarak jauh (remote sensing) mempelajari bagaimana memperoleh informasi suatu objek tanpa menyentuhnya. Pengindraan jarak jauh menggunakan citra yang berasal dari satelit. Pada kesempatan kali ini peserta diajari bagaimana cara pemilihan band, penggabungan band, dan croping bang pada citra satelit menggunakan software Envi. Selanjutnya dilakukan tahap unsupervised untuk mengklasifikasikan kelas yang kita inginkan. Tahap Unsupervised dilakukan untuk mengklasifikasikan kelas sebelum kita ke lapang, Sehingga memberikan gambaran lokasi yang akan di survey.

Pada pelatihan ini juga peserta diberikan pengetahuan tentang metode pelaksanaan survey untuk pemetaan substrat serta sumber daya alam menggunakan citra satelit. Selain itu para peserta juga diajarkan pengolahan data citra satelit  dan pemetaan menggunakan Software Envi dan juga Archgis. “Penggunaan remote sensing sangat di perlukan untuk membuat perencanaan yang sesuai kebutuhan, efisien dan meminimalisi kesalahan saat di lapang” – Bang Tarlan

-Aiman Mufrih Hidayat (ITK 50)

Share/Bookmark