HIMITEKA IPB lakukan Ekspedisi di Kepulauan Seribu bagian Utara

Posted on Posted in Uncategorized
Tim Ekspedisi Himiteka III berfoto di depan KM Sabuk Nusantara
Tim Ekspedisi Himiteka III berfoto di depan KM Sabuk Nusantara

Bogor- 30/08/2016, Tim ekspedisi Himiteka berjumlah 32 Mahasiswa Departemen Ilmu dan Teknologi Kelautan FPIK IPB tiba di kampus IPB Dramaga. Selama 1 minggu, Tim melakukan kegiatan pengambilan data dan rehabilitasi terumbu karang di Kepulauan Seribu bagian utara, Kab. Adm Kepulauan Seribu, DKI Jakarta.  Selain kegiatan berbasis riset, Tim juga melakukan Marine Goes To School, yaitu sebuah kegiatan sosialisasi tentang pentingnya menjaga kelestarian ekosistem pesisir kepada anak-anak usia dini.

Tahun ini merupakan tahun ketiga terlaksananya Ekspedisi Himiteka, sebelumnya dilaksanakan di Teluk Banten (2014) dan Teluk Kiluan Lampung (2015). Kegiatan ini menjadi sarana bagi mahasiswa dalam mengaplikasikan keilmuannya. Aris Setiawan, selaku Ketua pelaksana Ekspedisi Himiteka III menyatakan bahwa “Tema kegiatan Ekspedisi Himiteka III tahun ini tidak jauh berbeda dengan tema Ekspedisi tahun-tahun sebelumnya, yakni Mengungkap Potensi Bahari, namun data-data yang diambil tahun ini lebih beragam, dan tentunya dilaksanakan di tempat yang berbeda”.

Pelaksanaan Ekspedisi

Pelaksanaan ekspedisi dimulai dengan pelepasan Tim pada 23 Agustus 2016 oleh Dr.Ir  Wayan Nurjaya bersama Tri Hartanto S.Pi,M.Si selaku Ketua Departemen (Kadep) Ilmu dan Teknologi Kelautan (ITK) sekaligus Pembina Himpunan Mahasiswa Ilmu dan Teknologi Kelautan (HIMITEKA). Dalam sambutannya, Kadep menyampaikan rasa bangga dan memberi apresiasi yang tinggi kepada Himiteka karena dapat melaksanakan kegiatan meski harus melewati banyak kendala.  Pembina Himiteka FPIK IPB, Bang Tri begitu panggilan akrabnya mengantarkan pesan “Saya harap Tim melaksanakan kegiatan sesuai perencanaan dan selama berkegiatan utamakan keselamatan dan keamanan Tim.

Kamis 24/8, Tim berangkat dari kampus IPB Dramaga menggunakan bus Kementerian Pertahanan RI (Bogor-Jakarta) dan melanjutkan perjalanan laut sekitar 6 jam dari Pelabuhan Sunda Kelapa menuju Pulau Harapan menggunakan kapal KM. Sabuk Nusantara. Setibanya di Pulau, kedatangan Tim disambut pihak Taman Nasional Kepulauan Seribu dan dipersilahkan untuk menginap di kantor Balai Taman Nasional Kepulauan Seribu (TNKS), SPTN Wilayah II Pulau Harapan. Meski cukup lelah dalam perjalanan, tidak menjadi hambatan bagi Tim mempersiapkan kegiatan. Tim berbagi peran, ada yang melakukan survey awal mengenai kondisi medan serta sebagian lainnya menyiapkan perlengkapan studi.

Salah seorang tim Ekspedisi Himiteka III melakukan pengamatan kondisi terumbu karang di Pulau Sepa Besar
Salah seorang tim Ekspedisi Himiteka III melakukan pengamatan kondisi terumbu karang di Pulau Sepa Besar

Jumat (25/8), Tim memulai pengamatan/observasi di lapangan. Kegiatan mencakup Survey Oseanografi yaitu pengukuran fisik, kimia, dan biologi perairan, Survey kondisi Ekosistem Pesisir yaitu pengamatan ekosistem lamun, mangrove, terumbu karang dan vegetasi pantai, juga melakukan Survey Pemetaan Sumberdaya Hayati Laut meliputi habitat bentik, infrastruktur, dan garis pantai. Tim juga  melakukan survey pengukuran Batimetri (Gambaran relief dasar laut), menghitung dugaan biomass ikan, dan deteksi hambur balik substrat dasar perairan menggunakan metode hidro-akustik (Metode deteksi objek di bawah air menggunakan gelombang suara).

Tim dan Pengemudi kapal mendiskusikan rute perjalanan kapal untuk pengambilan data
Tim Ekspedisi dan Pengemudi kapal mendiskusikan rute perjalanan kapal untuk pengambilan data

Kegiatan pengamatan dilaksanakan di Pulau Perak, Pulau Puteri Timur, Pulau Sepa Besar, Pulau Pelangi, dan Pulau Papatheo, selama lima hari. Sempat terkendala oleh cuaca buruk, hujan deras beserta angin, namun tidak mempengaruhi semangat Tim di lapangan. Secara keseluruhan kegiatan pengambilan data ini berjalan dengan lancar.

Selanjutnya, Tim mengolah data lapangan di kampus IPB Dramaga, yang kemudian akan menjadi laporan ilmiah, film dokumenter dan buku populer. Rencananya, Tim mempublikasikan hasil ekspedisi bertepatan pada seminar hasil Ekspedisi Himiteka III pada bulan Oktober 2016.

Rehabilitasi Terumbu Karang

Selasa (29/8), Tim melakukan upaya konservasi ekosistem terumbu karang di Pulau Pamegaran yang termasuk dalam kawasan TNKS. Tim bersama pihak balai melakukan pemantauan kondisi terumbu karang hasil dari transplantasi, serta membersihkan tubuh terumbu karang dari balutan sedimen. Selain itu, dilakukan juga penanaman ulang dan penyulaman terumbu karang untuk memperluas area tumbuh terumbu karang.

Bibit terumbu karang yang telah disulam dan di bersihkan
Bibit terumbu karang yang telah disulam dan di bersihkan

Pulau Pamegaran merupakan pusat lokasi rehabilitasi terumbu karang di dalam kawasan TNKS sehingga dikelola secara berkelanjutan. Wahju Rudianto selaku Kepala Balai TNKS mengutarakan bahwa “Memusatkan transplantasi terumbu karang di Pulau Pamegaran agar mudah diawasi dan tidak menjadikan transplantasi terumbu karang ini sebagai kegiatan yang hanya seremonial.”

Marine Goes To School

Pada hari yang sama (29/8), sebagian Tim berkunjung ke SDN 01 Pagi Harapan di Pulau Harapan, Kepulauan Seribu. Tujuannya untuk berbagi pengetahuan kepada murid dengan mengenalkan potensi sumberdaya perikanan-kelautan yang ada di sekitarnya, serta menghimbau dan mengajak mereka untuk menjaga kelestarian potensi tersebut sejak dini.

Murid-murid terlihat antusias menyimak penjelasan mengenai ekosistem pesisir dengan metode presentasi disertai video pendek dan foto. Meski masih terkesan malu-malu ketika diminta untuk berpendapat, banyak murid yang bercerita mengenai ekosistem pesisir. Mereka sangat bersemangat saat melihat foto ekosistem yang ada disekitarnya dengan saling menceritakan  pernah melihat langsung ekosistem-ekosistem tersebut. Seperti tidak kehabisan energi, setelah materi selesai anak-anak mengajak Tim bernyanyi. Lagu khas pulau berjudul “Anak Harapan” pun dinyanyikan bersama-sama dengan penuh keceriaan.

Terlihat antusias anak-anak SDN 01 Pagi Harapan ketika menyimak presentasi dari Tim Ekspedisi Himiteka III
Terlihat antusias anak-anak SDN 01 Pagi Harapan ketika menyimak presentasi dari Tim Ekspedisi Himiteka III

Pada akhir acara, Tim memberikan kenang-kenangan yang diterima langsung oleh Kepala Sekolah SDN 01 Pagi Harapan. Beliau mengucapkan, “Saya sangat berterimakasih kepada teman-teman mahasiswa yang telah berkunjung, dan berbagi wawasannya kepada kami, saya sangat senang ada kegiatan seperti ini di sekolah kami.”

Dari rangkaian kegiatan ini, Marine Goes to School merupakan program dengan sasaran anak-anak sehingga mereka mengenal potensi yang ada di lingkungannya. Harapannya, kelak mereka bangga dengan kekayaan laut yang dimilikinya sehingga terlibat aktif menjaga kelestarian alam.

– Akbar Habibie (Ketua Himiteka 2016/ITK 50)

Share/Bookmark