Pelatihan Jurnalistik Sebagai Media Peningkatan Skill Mahasiswa ITK di Bidang Jurnalistik

Posted on Posted in Uncategorized
1
Foto bersama narasumber dengan peserta jurnalistik

Pelatihan Jurnalistik merupakan salah satu kegiatan Divisi Fokustik Himiteka. Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan memberikan pelatihan, informasi, dan pengetahuan dalam bidang publikasi, penulisan karya tulis, fotografi, videografi dan jurnalisme kepada anggota Himiteka. Kegiatan Pelatihan Jurnalistik ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 4 Juni 2016 pukul 09.00-12.00 WIB di Ruang Serba Guna (RSG) ITK Lantai 4. Pemateri pada kegiatan ini adalah Jihad dari ITK angkatan 48 (2011) dan mantan Pimpinan Redaksi Koran Kampus IPB. Pemateri kedua yaitu Alexandara Maheswari, alumni ITK IPB angkatan 48 (2011). Kegiatan ini diselenggarakan oleh Divisi Informasi, Komunikas, dan Jurnalistik (Fokustik) Himiteka. Peserta dari kegiatan ini adalah mahasiswa Departemen ITK dari berbagai angkatan.

Kegiatan Pelatihan Jurnalistik dimulai dengan pembukaan oleh MC, pembacaan doa, dan sambutan ketua pelaksana kegiatan, yaitu Dimas Wahyu Pratama (ITK 51). Sesi pertama materi diberikan oleh Jihad mengenai jurnalisme secara umum yang mencakup penulisan judul karya tulis yang menarik, cara publikasi ke publik, dan teknik dasar dalam graphic design. Kemudian sesi kedua materi diberikan oleh Alexandra Maheswari mengenai teknik fotografi dan photo editing. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab peserta dan pemateri. Kegiatan diakhiri dengan pembacaan doa kembali, penutupan oleh MC, pemberian penghargaan kepada pemateri dan foto bersama.

3
Pemberian sertifikat dari panitia kepada Jihad (ITK 48)
2
Pemberian sertifikat dari panitia kepada Alexandra Maheswari (ITK 48)

Diharapkan dari kegiatan ini peserta mendapat wawasan, pengetahuan, dan skill improvement mengenai jurnalisme, fotografi, dan desain. Menurut ketua pelaksana kegiatan, Dimas, kegiatan ini sangat penting dilakukan agar mahasiswa ITK dapat mengembangkan diri dalam publikasi tulisan dan karyanya ke luar sehingga mampu bersaing dengan mahasiswa departemen lain maupun universitas lain. Selain itu, menurut Dimas, kegiatan ini diharapkan dapat terus dilaksanakan untuk kepengurusan selanjutnya dengan melakukan evaluasi dan kegiatan monitoring peserta dalam membuat luaran sebagai bukti konkret keberhasilan kegiatan.

-Dio Andika (Divisi Fokustik Himiteka 2016/ITK 50)

Share/Bookmark