Himiteka IPB Sukses Laksanakan Konsurv 2016 di Parigi

Posted on Posted in Uncategorized
B
Gambar 1 Penanaman mangrove oleh Himiteka

Hutan mangrove merupakan salah satu ekosistem penting dalam bahasan dunia kelautan dan pesisir laut. Mangrove mampu mencegah abrasi pantai, memberikan nutrien untuk penunjang kehidupan dalam pertumbuhan juvenil ikan. Selain itu mangrove juga merupakan salah satu penyerap karbon terbesar. Berkaca pada pentingnya ekosistem mangrove, Himpunan Mahasiswa Ilmu dan Teknologi Kelautan (Himiteka) Institut Pertanian Bogor (IPB) telah melaksanakan kegiatan Konsurv 2016. Konsurv 2016 ialah kegiatan Konservasi dan Survei Lapang Kelautan yang fokus utamanya adalah penanaman mangrove. Tema yang diangkat pada tahun ini adalah “Mengembangkan Populasi Mangrove Pesisir Parigi sebagai Kawasan Konservasi”. Acara ini merupakan kegiatan tahunan dari Himiteka IPB yang dilaksanakan di Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran. Tahun ini Konsurv dilaksanakan pada tanggal 1-2 Oktober 2016. Acara ini berlangsung selama 2 hari dengan rangkaian berupa penanaman mangrove, pengambilan data oseanografi, coastal clean up, malam kebersamaan, dan juga sosialisasi akan pentingnya mangrove kepada masyarakat serta siswa-siswi di wilayah tersebut.

C
Gambar 2 Penanaman mangrove

Pada tanggal 1 Oktober 2016, acara dimulai dengan pembukaan bersama masyarakat setempat. Turut hadir pula Ketua KUD Mina Pari Parigi, Ketua Rukun Nelayan, Ketua Kelompok Mangrove Berkah Anugrah, Pembina Himiteka, dosen Departemen Ilmu dan Teknologi Kelautan, perwakilan Himpunan Mahasiswa Ilmu dan Teknologi Kelautan Indonesia (Himitekindo) dan juga Ketua Himiteka IPB. Usai kegiatan pembukaan ini dilaksanakan kegiatan coastal clean up di pantai Parigi. Pada siang hari saat pasang mulai surut seluruh elemen yang terlibat dalam kegiatan ini mulai melakukan penanaman. Total 3000 bibit mangrove ditanam pada kegiatan ini dan dibagi pada 3 titik penanaman. Proses penanaman berjalan lancar dan pada sore hari total 3000 bibit mangrove telah tertanam di titik yang ditentukan. Pada penanaman ini juga ikut hadir siswa-siswi dari SMAN 1 Parigi yang membantu dengan penuh semangat proses penanaman sehingga seluruh bibit tertanam.

Saat malam hari diadakan malam kebersamaan bersama seluruh panitia dan teman-teman dari Himitekindo. Pada malam itu semua saling berbagi cerita tentang pelaksaan acara yang telah di lalui dan juga memberikan evaluasi untuk pelaksaan kegiatan ini agar berjalan lebih baik kedepannya. Pada akhir kegiatan malam itu panitia mengakhiri kegiatan dengan bermain-main, saling berbagi cerita tentang kampus masing-masing sambil makan bersama.

D
Gambar 3 Foto bersama panitia Konsurv 2016 dengan seluruh undangan

Tanggal 2 Oktober 2016 menjadi akhir dari rangkaian kegiatan Konsurv 2016, seluruh panitia menghabiskan kegiatan dengan bertegur sapa dengan masyarakat. Pukul 10.30 seluruh panitia memohon izin untuk kembali kepada masyarakat ke Bogor. Kegiatan ini ditutup dengan foto bersaman para panitia dan teman-teman perwakilan dari Himitekindo.

-M Sita Mustofa (Divisi Keilmuan dan Keprofesian Himiteka 2016/ITK 50)

Share/Bookmark