Mahasiswa Ilmu dan Teknologi Kelautan IPB Dinobatkan Menjadi “The Honorable Archipelago Award” dalam Lomba Archipelago Essay Award 2017

Posted on Posted in Uncategorized
Gambar 1. Willy Anggraini (kiri atas) dan Rina Fajaryanti (kanan atas) dan tim dari IPB dalam AEC 2017
Gambar 1. Willy Anggraini (kiri atas) dan Rina Fajaryanti (kanan atas) dan tim dari IPB dalam AEC 2017

Maluku, 2017. Indonesia memiliki kekayaan laut yang sangat berharga dan belum banyak dieksplorasi. Rina Fajaryanti (ITK50) dan Willy Anggraini (ITK50) mahasiswa Ilmu dan Teknologi Kelautan mencoba membuat terobosan dengan membuat sesuatu dari bahan baku yang berasal dari makroalga yaitu Bioplastik. Ide tersebut mereka  bawa untuk mengikuti ajang Archipelago Essay Award (AEC)  pada bulan Februari 2017 di Universitas Pattimura. Archipelago Essay Award (AEC) 2017 mengangkat tema tentang “Penerapan Ilmu dan Teknologi untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil”. Rina Fajaryanti (ITK50) dan Willy Anggraini (ITK50) dengan dosen pembimbing Dr.Ir. Mujizat Kawaroe, M.Si mengambil topik tentang bioplastik dari bahan baku makroalga.

“Kita mengambil tema Bioplastik dari bahan baku makroalga karena makroalga sendiri memiliki kandungan selulosa yang banyak, jadi bisa digunakan sebagai ediblefilm plastik”, jelas Rina.

Ide ini menurut juri adalah gagasan yang brilian dan inovatif, karena selama ini memang belum ada bahan baku yang berasal dari laut. Bahan yang sering dipakai adalah sari pati dari singkong, pisang , jagung dan sawit. Berkat gagasan tersebut Rina dan Willy mendapat predikat sebagai “The Honorable Archipelago Award”.

Share/Bookmark