Persiapan PIMNAS 2017, Departemen ITK Mulai Berbenah

Posted on Posted in Uncategorized
Foto Bersama Kegiatan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Departemen ITK IPB
Foto Bersama Kegiatan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Departemen ITK IPB

Bogor, 2017 . Ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) 2017 semakin dekat. Pada hari Kamis, 30 Maret 2017 pukul 13.00 WIB, Departemen Ilmu dan Teknologi Kelautan mengadakan Monitoring dan Evaluasi (MONEV) internal yang bertujuan untuk mempersiapkan delegasi ITK agar dapat bersaing diajang PIMNAS 2017. Pada acara ini hadir dosen-dosen dari ITK dan Deputi Dekan FPIK, Bambang Riyanto sebagai sosok yang telah berpengalaman di PIMNAS dan memberikan masukan bagi semua tim. Bapak Bambang Riyanto berpesan bahwa kegiatan Pekan Kreatifitas Mahasiswa (PKM) ini memiliki esensi untuk menciptakan atmosfer akademik baik kepada diri sendiri maupun lingkungan universitas.

“Esensi PKM adalah bagaimana kalian membangun atmosfer akademik bagi diri kalian sendiri dan bagi lingkungan, melatih sisi seorang peneliti dan menjadikan manfaat bagi masyarakat luas”, jelas beliau.

Bambang Riyanto juga berpesan bahwa sebagai mahasiswa harus memiliki semangat dan bersyukur, karena dengan didanainya penelitian ini maka mahasiswa sudah melangkah lebih maju. Beliau menutup sambutannya dengan suatu kalimat bahwa jangan jadikan PKM menjadi beban, tunjukkan kekompakan dan harus menjadi lebih baik. Junjung tinggi kejujuran dari hati.

Tim PKM dari Departemen ITK berjumlah 7 tim dengan komposisi, PKM-KC (5 Tim), PKM-M (1 Tim) dan PKM-P ( 1 Tim), berikut judul yang berhasil didanai oleh Dikti :

  1. CR  WATCH (CORAL REEF WATCH) : SISTEM TELEMETRY UNTUK MONITORING EKOSISTEM TERUMBU KARANG DALAM UPAYA MENJAGA KELESTARIAN TERUMBU KARANG
  2. POKER (Pantau Oksigen dan Kekeruhan): Alat Pemantau Kadar Oksigen dan Kekeruhan Air Laut Berbasis Web
  3. ER-CONTEM : ECONOMIC REAL TIME CONDUCTIVITY AND TEMPERATURE SENSOR SEBAGAI ALAT PEMANTAUAN PARAMETER FISIK LAUT BERBASIS WEB
  4. SIMETRI : Rancang Bangun Antarmuka Pemantauan Kualitas Perairan Laut Berbasis Telemetri
  5. MR. PHYTON (MARINE Phytoplankton Consentration) : RANCANG BANGUN ALAT PENGUKUR KONSENTRASI FITOPLANKTON UNTUK MENDUGA PRODUKTIVITAS PRIMER PERAIRAN
  6. GROVIA (MANGROVE RIA) EDUKASI KREATIF PENGENALAN EKOSISTEM MANGROVE BERBASIS INTEGRATED EXPERIENTAL LEARNING UNTUK MEWUJUDKAN GENERASI ANAK CINTA MANGROVE.
  7. CoReA (Coral Reef Acoustic): Solusi Alternatif Karakterisasi Terumbu Karang Jenis Acropora dengan Metode Akustik

Editor : Aditya PS (ITK51)

 

Share/Bookmark