[Press Release] : Himiteka Sukses Mengadakan Journalism Training

Posted on Posted in Uncategorized

1495152240435

Himpunan Mahasiswa Ilmu dan Teknologi Kelauan (Himiteka) berperan dalam mengisi bulan kebangkitan nasional dengan mengadakan Journalism Training mengusung tema The Rise Of Journalism Indonesian. Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja dari Himiteka yang bertujuan meningkatkan softskill secara khusus bagi anggota Himiteka dan secara umum untuk masyarakat dalam bidang jurnalistik.  Kegiatan pelatihan ini diadakan pada hari Minggu, 14 Mei 2017 bertempat di Ruang Serba Guna (RSG) ITK Lt.4 FPIK IPB. Pelatihan dimulai pada pukul 10.00 WIB dengan dibuka oleh Bagus Cahyana Putra sebagai Master Of Ceremony yang memberikan pandangan singkat mengenai dunia jurnalistik. Selanjutnya ada sambutan dari ketua pelaksana, Wildan Tino yang berharap bahwa kegiatan ini dapat menjadi pembangkit dan pencetak jurnalis muda Indonesia. Sambutan ditutup oleh Ketua Himiteka, Deden Safar Haji yang menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pembicara dan peserta yang hadir.

Kegiatan pelatihan berjalan dengan dua sesi. Sesi pertama adalah pemaparan materi berkaitan dengan Jurnalistik yang dibawakan oleh Deanda Dewindaru, seorang jurnalis dalam portal berita Kumparan.com. Dalam presentasinya, beliau memaparkan bagaimana pentingnya data dan fakta dalam menulis berita, menimbang banyak sekali berita hoax yang beredar akhir-akhir ini. Selain itu, beliau memaparkan komponen-komponen penting dalam sebuah berita dan kriteria jurnalis yang baik. Sesi pertama ditutup dengan mengajak peserta berlatih menulis sebuah berita singkat. Sesi kedua diisi oleh pemaparan materi tetang fotografi dan videografi oleh Muhammad Ramadhany dari Moearial. Sesi ini lebih fokus pada tatacara pengambilan gambar yang baik, pengaturan kamera yang sesuai dan apa saja yang harus dilakukan untuk menghasilkan foto dan video yang menggugah.

Setelah selesai pemateri, kegiatan pelatihan masuk ke agenda akhir yaitu sesi tanya jawab dan penutup. Peserta pelatihan kali ini sangat antusias. Hal ini dilihat dari sesi tanya jawab yang komunikatif dan mengalir. Peserta yang hadir berasal dari jenjang SMA sampai mahasiswa lintas jurusan. Secara keseluruhan kegiatan ini berjalan dengan lancar dan sesuai dengan apa yang diharapkan. Kegiatan ditutup dengan doa dan closing statement dari Bagus Cahyana Putra dan dilanjutkan dengan sesi penyerahan sertifikat baik untuk pembicara dan peserta, serta diakhiri dengan foto bersama.

Share/Bookmark