[Himiteka Mengucapkan Selamat Hari Tani Nasional]

Posted on Posted in Uncategorized

1506228136349

Selamat Hari Tani nasional. Hari Tani Nasional dirayakan setiap tanggal 24 September, terutama oleh para petani di seluruh Indonesia. Tanggal 24 September ditetapkan sebagai pengingat bahwa pada tanggal itu tahun 1960, Presiden Republik Indonesia Soekarno menetapkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1960 tentang Peraturan Dasar Pokok-Pokok Agraria (UUPA 1960).

Sejak 1990, impor garam dilakukan dengan total nilai US$16,97 juta. Impor dilakukan sampai hari ini dengan alasan kelangkaan stok garam, sedangkan Produksi garam sempat melimpah ruah hingga 800 ribu ton. Sayangnya, garam produksi petambak tersebut tak dapat diserap industri karena tidak memenuhi kriteria kadar Natrium Chlorida (NaCl) pada garam sebesar 97 persen. Sudah waktunya pemerintah menunjukkan keseriusannya untuk menghentikan impor garam yang bisa dimulai dengan pembenahan dan pengelolaan garam rakyat.

“Pangan merupakan soal mati-hidupnya suatu bangsa; apabila kebutuhan pangan rakyat tidak dipenuhi maka “malapetaka”; oleh karena itu perlu usaha secara besar-besaran, radikal, dan revolusioner” -Ir. Soekarno

——————————————–
Divisi Informasi, Komunikasi dan Jurnalistik
Himpunan Mahasiswa Ilmu dan Teknologi Kelautan
Instagram : @himitekaipb
Line : @ugb7479x
FB : Himpunan Mahasiswa Ilmu dan Teknologi Kelautan, FPIK IPB
Twitter : @himitekaipb
Youtube : Himiteka IPB
Web : himiteka.lk.ipb.ac.id

Share/Bookmark