EKSPEDISI HIMITEKA

Banner IPB
Merupakan suatu rangkaian kegiatan Himpunan Mahasiswa Ilmu dan Teknologi Kelautan (HIMITEKA) – IPB. Bertujuan untuk mengungkap potensi bahari, menyingkap kekayaan laut dan eksplorasi warisan bahari.

———————————————————ABOUT US——————————————————–
1495869461971

——————————————————COME PARTICIPATE!—————————————————
1500995974558

———————————————————OUR TEAM——————————————————

Publikasi IG pras

———————————————————PRESS RELEASE——————————————————

Ekspedisi Himpunan Mahasiswa Ilmu dan Teknologi Kelautan Kepulauan Seribu Bagian Utara

OCEAN DISCOVERY

Kepulauan Seribu bagian Utara, DKI Jakarta, 26 Agustus – 3 September 2017. Himpunan Mahasiswa Ilmu dan Teknologi Kelautan merupakan sekumpulan mahasiswa yang fokus untuk melakukan eksplorasi di bidang kelautan. Eksplorasi terhadap seluruh aspek yang berkaitan dengan laut tidak hanya di satu bidang saja namun mencakup seluruh aspek meliputi aspek fisik, kimia, maupun biologi. Oleh karena itu, Himpunan Mahasiswa Ilmu dan Teknologi Kelautan melalui pendekatan di empat bidang yaitu bidang oseanografi, akustik, instrumentasi, dan remote sensing mencoba menguak potensi bahari yang ada di 5 pulau sebagai lokasi pengambilan data yaitu Pulau Jukung, Pulau Melintang, Pulau Tongkeng, Pulau Genteng Kecil, dan Pulau Macan Kecil. Melalui slogan “Ocean Discovery”, seluruh peserta ekspedisi mencoba menguak segala potensi kekayaan alam maupun keindahan di kelima pulau yang menjadi objek, baik melalui survey maupun wawancara ke masyarakat. Ekspedisi HIMITEKA telah rutin dilaksanakan sejak tahu 2014 dan hingga saat ini telah terlaksana sebanyak 4 kali.

Perjalanan dimulai dari pelabuhan Sunda Kelapa menuju lokasi penginapan di Pulau Kelapa Dua dengan menggunakan Kapal Sabuk Nusantara selama kurang lebih 6 jam. Tepat pukul 15.30 WIB para peserta ekspedisi sampai di lokasi penginapan yang selanjutnya melakukan mobilisasi terhadap alat-alat pengambilan data. Kedatangan mahasiswa disambut antusias oleh para tokoh masyarakat. Salah satunya adalah Bapak Marsan sebagai salah satu kepala seksi salah satu bidang Taman Nasional Kepulauan Seribu yang terletak di Pulau Kelapa Dua. Informasi dan pembekalan diberikan, tidak hanya itu beliaupun turun secara langsung dalam melakukan penyelaman guna membantu mahasiswa untuk pengambilan data ikan dan terumbu karang.

Minggu, 27 Agustus 2017 telah dilaksanakan rangkaian hari pertama. Tepat pukul 07.30 WIB, seluruh mahasiswa sudah bersiap menuju Pulau Jukung sebagai titik awal pengambilan data. Seluruh Mahasiswa Ilmu dan Teknologi Kelautan yang megikuti kegiatan sangat antusias dari packing hingga perjalanan menuju lokasi. Akses hingga ke Pulau Jukung menggunakan tiga jenis kapal berbeda yang dibagi berdasarkan bidang kajian yaitu kapal untuk hidrobiologi yang tergabung dengan bidang remote sensing (pemetaan), kapal oseanografi, serta kapal untuk mengambil data akustik. Totalitas para mahasiswa mengungkap kekayaan alam di dalam laut, sifat fisik perairan, serta dan kondisi pulau sangat tergambar dari etos kerja serta teamwork yang terjalin antara semua peserta ekspedisi. Aktivitas dilaksanakan hingga semua data di titik pengambilan terkumpulkan dan sampai kembali di penginapan hingga menjelang petang. Istirahat dan melaksanakan kewajiban sejenak, hingga tepat pukul 20.00 WIB semuanya harus melaksanakan evaluasi dan pembackup-an data yang nantinya akan diolah. Kegiatan ini berlangsung sama untuk keempat pulau lainnya. Metode pengambilan data tidak hanya dilakukan observasi, namun untuk lebih mengetahui kondisi social dan ekonomi sebagai penunjang data, beberapa peserta ekspedisi setiap harinya melakukan wawancara secara langsung.

Share/Bookmark