EKSPEDISI HIMITEKA

 

logo xpdc lagi_

Merupakan suatu rangkaian kegiatan Himpunan Mahasiswa Ilmu dan Teknologi Kelautan (HIMITEKA) – IPB. Bertujuan untuk mengungkap potensi bahari, menyingkap kekayaan lautdan eksplorasi warisan bahari.

———————————————————ABOUT US——————————————————–
1

———————————————————OUR TEAM——————————————————

14

—————————————————EKSPEDISI HIMITEKA V————————————————–

Ekspedisi Himpunan Mahasiswa Ilmu dan Teknologi Kelautan Kepulauan Seribu Bagian Utara

Ekspedisi Himiteka merupakan kegiatan tahunan eksplorasi potensi bahari di wilayah Indonesia. Ekspedisi Himiteka tahun ini merupakan ke lima kalinya Ekspedisi Himiteka dilakukan. Bryan, sebagai pemimpin dalam perjalanan eksplorasi bahari dalam Ekspedisi Himiteka ke 5 ini. Sekali lagi Himiteka mengadakan Ekspedisi pada Kepulauan Seribu setelah di dua tahun sebelumnya dilakukan di gugusan kepulauan yang menawan tersebut.

Kepulauan Seribu sebagai rantai gugusan pulau-pulau di sisi utara Teluk Jakarta memiliki karakteristik yang baragam. Kepulauan seribu termasuk kedalam wilayah ibukota administrasi DKI Jakarta, namun meskipun lokasinya yang relatif mudah dijangkau dari pusat kota, di Kepulauan Seribu pada bagian utara masih belum banyak dimanfaatkan keberadaannya. Justru inilah yang menjadikan kawasan kepulauan seribu bagian utara memiliki potensi daya tarik wisata yang besar. Potensi wisata yang besar dari wilayah yang kurang banyak disentuh ini menjadikan Kepulauan Seribu bagian Utara masih asri dan dapat termasuk sebagai salah satu destinasi favorit wisatawan.

Besarnya potensi yang dimiliki gugusan kepulauan ini menjadikan Himiteka tertarik untuk mengkaji dalam potensi wisata dengan mengusung tema ekspedisi “Mengungkap Potensi Bahari di Kepulauan Seribu Bagian Utara Jilid 2”, Ekspedisi Himiteka V ini merupakan lanjutan dari ekspedisi di tahun sebelumnya yang dilakukan di Kepulauan Seribu bagian Utara dengan eksplorasi 4 pulau yaitu Pulau Jungkung, Pulau Macan Kecil, Pulau Genteng, dan Pulau Tongkeng. Sedang pada tahun ini mengeksplorasi 3 pulau yang terdapat di Kepulauan Seribu bagian Utara yaitu Pulau Panjang Bawah, Pulau China, dan Pulau Lipan.

Eksplorasi potensi wisata bahari berdasarkan empat bidang kajian, yaitu Oseanografi, Hidrobiologi, Akustik dan Instrumentasi Kelautan, serta Pemetaan Kelautan . Selanjutnya dilakukan pengambilan data Sosial Ekonomi dengan melakukan wawancara terhadap para nelayan, masyarakat, serta wisatawan. Selain itu data yang diambil dibuat untuk mengetahui indeks kesesuaian wisata (IKW). IKW merupakan suatu matriks dengan berbagai indikator untuk menilai suatu wilayah tersebut layak dijadikan destinasi wisata.

Hasil dari ekspedisi Himiteka ini adalah peta kesesuaian wisata berdasarkan Indeks Kesesuaian Wisata Pantai serta Wisata Snorkeling dan Diving dari pengambilan data di bidang kajian Oseanografi serta Hidrobiologi. “Secara umum lokasi snorkeling dan diving pada pulau-pulau kajian Ekspedisi Himiteka 5 layak dijadikan tempat wisata. Namun pada bagian Timur Pulau Panjang Bawah kurang direkomendasikan untuk dijadikan wisata snorkling maupun diving, hal ini  merupakan imbas dari pembangunan yang dilakukan pada sisi pulau tersebut” papar Siti Khodijah sebagai kepala koordinator labotarium Hidrobiologi

Selain pengkajian potensi wisata, tim ekspedisi juga melakukan rehabilitasi dengan membuat terumbu buatan. Terumbu buatan dibuat dengan menggunakan kerangka besi, terumbu buatan ini diturunkan perlahan pada bagian Utara Kelapa Dua, lokasi ini juga merupakan wilayah konservasi terumbu karang yang terus dilakukan Taman Nasional Kepulauan Seribu. Pembuatan Terumbu Buatan ini merupakan kontribusi nyata menjaga kelestarian alam serta investasi wisata dimasa depan bagi tim ekspedisi Himiteka serta berbagai kontributor yang telah mendukung dalam kegiatan ini. “Harapannya ekspedisi ini ialah agar dapat meningkatkan antusias masyarakat akan wisata bahari.” Imbuh Bryan sebagai ketua Ekspidisi Himiteka ke lima ini.

Teks oleh : Farida Rizki

DOCUMENTATION OF EXPEDITION 


l
lk
lm

Share/Bookmark